Analisa Kredit Usaha Kecil (KUK) BPR

Mohon penjelasan utk analisa kredit mikro pada bank perkreditan rakyat, misalnya usaha penjualan ternak potong. Thanks..

-Ibu Arny-

Jawab

Dalam memberikan kredit mikro (UMKM) oleh BPR, prinsip utama yang harus dipegang teguh adalah bahwa kreditor (BPR) harus mengenal betul siapa calon debiturnya. Dalam hal ini berarti kreditor harus yakin atas kemampuan dan kesanggupan calon debiturnya untuk melunasi utangnya sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Dalam kasus bahwa calon debiturnya adalah memiliki usaha penjualan ternak potong, berikut adalah hal-hal yang perlu dikaji lebih dalam :

  1. Berapa lama calon debitur ini telah berada dalam bidang usaha penjualan ternak potong.
  2. Dari mana calon debitur ini mendapatkan supply ternak potongnya.
  3. Kepada siapa sajakah calon debitur ini menjual ternak potongnya, apakah retail saja atau memiliki kontrak dengan pihak tertentu (misal dengan rumah makan / catering, dll).
  4. Prasarana apa saja yang telah dimiliki oleh calon debitur, apakah memiliki kios jual, apakah mungkin memiliki fasilitas rumah potong hewan sendiri, dan bagaimana dengan distribusinya.
  5. Berapa besar omzet usaha, keuntungan bersih, dan beban yang dimilikinya saat ini.
  6. Bagaimana dengan legalitas usaha (Keterangan Usaha, SIUP, Ijin Gangguan, TDP, NPWP).

Hal lain yang perlu didalami adalah Prinsip 5C (bisa dilihat pada halaman lain situs Kredit-ku.com).

Demikian jawaban dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>