Berapa besar peluang mendapatkan pekerjaan dengan cara mengirimkan lamaran online?

Di jaman yang semakin ‘canggih’ ini, lamaran on line mungkin malah lebih efektif dari pada mengirimnya berupa hard copy, karena lebih cepat, murah dan langsung sampai ke tangan orang yang tepat.

Ada dua cara lamaran melalui online, melalui online broker, seperti jobs db., job street., dll, ada juga yang dikirim langsung ke perusahaan yang membuka jalur onlinenya untuk para peminat.

Jika anda melalui broker, biasanya mereka akan membantu ‘menyaring’ siapa pelamar yang paling cocok dengan kebutuhan dari perusahaan. Maka kuncinya adalah informasi yang lengkap dan detail yang anda cantumkan, sebab kalau tidak, akan banyak sekali peluang yang masuk ke inbox anda tapi sebenarnya tidak cocok dengan kebutuhan dan harapan anda.

Sedangkan bila anda menggunakan jalur langsung ke perusahaan, waktu menjadi unsur yang perlu anda pertimbangkan secara baik. Mereka yang menyegerakan mengirimkan surat lamaran dan CV akan memiliki peluang lebih besar dibanding mereka yang mengirimkannya di hari-hari terakhir, karena selain inbox perusahaan sudah penuh, kadang-kadang jika diawal-awal sudah ada kandidat yang cocok, email kita sudah tidak lagi dilirik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>