Bunga Kredit Korporasi Bank BUMN Masih Tinggi

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menilai kebijakan Bank Indonesia menurunkan suku bunga mulai menampakkan hasil. Tren penurunan suku bunga mulai terjadi. Bahkan beberapa perbankan sudah memberikan bunga single digit.

Sayangnya, bunga single digit ini belum menyentuh kredit produktif, khususnya bank-bank milik pemerintah, seperti kredit modal kerja dan investasi. “Rata-rata malah kredit konsumtif,” kata Sekretaris Jenderal Hipmi Harry Warganegara di Jakarta, Minggu 15 Januari 2012.

Beberapa bank yang sudah menurunkan bunga kreditnya menjadi single digit antara lain Bank BTN yang menurunkan kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA) menjadi 9,00% untuk kredit di atas Rp350 juta, dan 9,75 persen untuk di bawah Rp350 juta. “Sayangnya kredit-kredit produktif, seperti korporasi masih di atas 10 persen,” katanya.

Padahal, Harry menilai, sektor-sektor produktif harus tetap bergerak agar bisa memberi nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Sedangkan menggenjoot kredit konsumsi justru hanya akan menaikkan inflasi. “Kredit produktif lah yang semestinya digenjot,” kata Harry.

Pantauan HIPMI, baru bank swasta yang berani berinisiatif menawarkan bunga kredit korporasi single digit. Sedangkan Bank BUMN belum terlihat. Hal yang sama untuk kredit Usaha Kecil Mikro dan Menengah. Harry mengatakan, kebijakan penurunan suku bunga dasar kredit (SBDK) oleh beberapa bank besar sudah tepat. Namun penurunannya harus berdampak pada suku bunga kredit-kredit produktif yang memacu dunia usaha.

“Sudah saatnya kredit-kredit seperti investasi, dan kredit usaha-usaha kecil menengah memperoleh bunga single digit,” katanya.

Harry mengatakan, perbankan masih memiliki margin untuk menurunkan suku bunga kredit, karena jarak antara suku bunga deposito dan bunga kredit rata-rata saat ini masih sangat besar. “Bunga deposito sekitar 5-6 persen. Bandingkan dengan suku bunga kredit sekitar 11-12 persen,” tutur Harry. (kd)

Sumber : vivanews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>