Kartu Kredit, Antara Hantu dan Malaikat

Siapa bilang kartu kredit “hantu” menakutkan? Kartu kredit bisa menjadi “malaikat” penolong saat darurat dan memberi banyak keuntungan asal tahu cara menggunakannya. Dalam Bincang @tempo.co bertema “Cara Untung dengan Kartu Kredit”, Sabtu, 3 Maret 2012 di Bandung, dikupas bagaimana cara bijak menggunakan kartu kredit. 

Perencana Keuangan Fin-Ally, Kurniawan Sukmanagara, mengatakan memiliki kartu kredit berarti ada yang mengontrol pengeluaran karena harus membayar sebelum jatuh bulan. “Karena tahu tagihan pengeluaran besar, jadi sadar untuk mengurangi pengeluaran bulan berikutnya,” katanya.

Kenapa perlu mengontrol pengeluaran? Menurut Kurniawan, selama ini banyak orang salah dalam mengalokasikan pendapatannya. Biasanya, lanjut dia, investasi dilakukan jika ada sisa setelah pengeluaran. “Ini salah,” ujar penulis tamu di blog Tempo. 

Kurniawan menjelaskan investasi harus dilakukan di awal demi masa depan. Alasan lain, pengeluaran itu bisa dikendalikan. “Kalau ada yang mengontrol keuangan, berarti bisa investasi,” katanya.

Keuntungan lain juga bisa dirasakan ketika mengalami kecelakaan dan masuk rumah sakit, biasanya rumah sakit butuh jaminan pembayaran. “Kalau ada kartu kredit, bisa langsung dirawat dan tidak perlu repot mencari uang kas,” kata Kurniawan. 

Tapi Kurniawan mengingatkan pengguna kartu kredit harus memahami besaran bunga, jenis kartu kredit, fasilitas, manfaat, biaya-biaya lain, sertabenefit tambahan atau promo yang ditawarkan. “Cek dulu itu,” ujarnya.

Rina Widiastuti

Comments

  1. By Kredit-ku (Admin)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>