Kredit alat rumah tangga saat ini semakin berkembang dan beragam, baik dari segi penyedia fasilitas kredit maupun jenis barang yang jadi material transaksi. Hal ini ditunjang oleh semakin berkembangnya perusahaan-perusahaan yang melayani transaksi kredit alat rumah tangga dan pertumbuhan usaha retail alat rumah tangga, selain semakin berkembangnya iklim perekonomian.

Sesungguhnya kredit alat rumah tangga ini telah ada di Indonesia sejak lama. Mungkin kita masih ingat kisah “tukang kredit keliling” yang berkeliling dari kampung ke kampung untuk menawarkan jasa kredit alat rumah tangga ini. Seiring dengan perkembangan jaman, “tukang kredit keliling” inipun bertransformasi dalam bentuk yang lebih formal; bank dan perusahaan pembiayaan non bank.

Pada saat ini kredit alat rumah tangga semakin berkembang pada macam dan ragam alat rumah tangga yang dapat dikredit. Alat rumah tangga dimaksud terutama kelompok furniture (seperti lemari pakaian, lemari dapur (kitchen set) termasuk peralatan memasak, tempat tidur, set kursi & sofa), kelompok asesoris rumah (lukisan), kelompok alat olah raga, dan kelompok peralatan sekolah dan kantor (tas, sepatu).