Kredit modal kerja adalah fasilitas kredit jangka pendek yang diberikan dalam mata uang rupiah maupun valuta asing untuk membiayai kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dengan jangka waktu maksimal 1 (satu) tahun. Kredit Modal Kerja merupakan kredit untuk perorangan atau badan usaha lainnya sebagai tambahan permodalan untuk pengembangan usaha yang telah berjalan, minimal 1 tahun, dan memiliki perijinan usaha (SIUP, TDP, SITU, NPWP).

Manfaat Kredit Modal Kerja

1. Penarikan dapat dilakukan setiap saat sesuai kebutuhan usaha.
2. Bagian yang belum ditarik tidak dikenakan bunga.
3. Aktivasi keuangan disalurkan melalui rekening pinjaman.

Pengembangan Kredit Modal Kerja

Kredit investasi adalah kredit modal kerja yang diberikan untuk membiayai barang-barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan ataupun pendirian proyek baru, misalnya untuk pembelian mesin-mesin, bangunan dan tanah untuk pabrik, yang pelunasannya dari hasil usaha dengan barang-barang modal yang dibiayai.

Fokus Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja berfokus untuk mendukung kemajuan usaha nasabah pengusaha kecil dan menengah untuk terus mengembangkan bisnis mereka melalui berbagai Kredit Modal Kerja yang disediakan. Pengusaha kecil dan menengah yang sangat banyak jumlahnya di Indonesia sangat potensial bagi perkembangan ekonomi negara Indonesia. Pada akhirnya Kredit Modal Kerja yang diberikan kepada pengusaha kecil dan menengah akan menguntungkan kedua belah pihak. Di lain pihak, kemajuan para nasabah pengusaha kecil dan menengah akan merupakan kebanggaan tersendiri untuk krediturnya.

Skema Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja diberikan untuk jangka waktu maksimal 1 tahun dengan nilai pencairan kredit maksimal 70% dari total kebutuhan modal kerja (30% dibiayai sendiri) dengan jaminan usaha itu sendiri; jaminan tambahan disertakan hanya jika dibutuhkan saja.