Kredit Rumah: Bunga KPR Terendah Sejak RI Merdeka

Bank Indonesia (BI) mencatat rata-rata suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) berdasarkan data terakhir mencapai 10,62%. Ternyata suku bunga KPR ini yang terendah sejak Indonesia merdeka tahun 1945.

Dalam Laporan Kebijakan Moneter Maret 2012 seperti dikutip detikFinance di Jakarta (9/3/2012), BI mengungkapkan suku bunga perbankan masih terus menurun sejalan dengan tren penurunan BI Rate.

“Kebijakan Bank Indonesia menurunkan BI Rate sejak tahun 2011 diikuti baik oleh penurunan suku bunga deposito maupun suku bunga kredit. Hal tersebut menunjukkan respons suku bunga perbankan terhadap penurunan BI Rate yang cukup baik,” jelas BI dalam laporannya.

Suku bunga dasar kredit (SBDK) perbankan berada pada tren yang menurun sejak pertama kali dipublikasikan pada Maret 2011. Penurunan SBDK tersebut dikontribusi oleh penurunan pada seluruh komponen yakni harga pokok dana untuk kredit (HPDK), biaya overhead dan marjin keuntungan. 

Berdasarkan segmennya, SBDK pada Januari 2012 masing-masing tercatat sebesar 10,12%, 11, 52%, 10,62%, dan 11,22% untuk segmen korporasi, ritel, KPR dan non KPR. 

Pengamat perbankan sekaligus Komisaris PT Bank Mandiri Tbk, Krisna Wijaya mengatakan suku bunga kredit telah turun sejalan dengan penurunan BI Rate. 

“Namun memang hanya memerlukan proses dan penurunannya tidak berbanding lurus. Untuk saat ini suku bunga KPR yang paling rendah sejak merdeka,” tutur Krisna.

Via Herdaru Purnomo

Comments

  1. By Kredit-ku (Admin)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>