Simulasi Perhitungan Kredit

Skema atau detail perincian perhitungan kredit pada umumnya berkenaan dengan harga, dana yang tersedia untuk uang muka, masa kredit, bunga kredit, asuransi, dan biaya administrasi / provisi. Hal ini biasanya dapat diperoleh melalui simulasi perhitungan kredit yang tersedia pada perusahaan penyedia kredit (bank atau perusahaan pembiayaan). Diperlukan pertimbangan yang mendalam oleh para pihak terkait dalam rangka kredit. Hal ini bertujuan agar kesepakatan yang akan dibuat dapat berjalan dengan baik sampai periode kredit yang ditentukan terlewati.

Pada perhitungan kredit barang elektonik (selain kredit mobil, motor, dan alat berat), biasanya perhitungan kredit lebih sederhana. Komponen-komponen perhitungannya antara lain : harga, uang muka (0% – 20%), masa kredit (6 – 18 bulan), suku bunga (flat : 2% – 3.55%), dan biaya administrasi (Rp. 50.000 – Rp. 100.000).

 

Penting untuk diperhatikan sebelum melakukan transaksi kredit :

1. Lakukan perbandingan terhadap perusahaan-persusahaan penyedia kredit. Pilihlah perusahaan penyedia kredit dengan reputasi yang baik. Mintalah referensi dari beberapa teman anda.

2. Lakukan perbandingan terhadap fasilitas dan kemudahan (pelayanan) yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahan penyedia kredit tersebut.

3. Minta dan pelajari simulasi perhitungan kredit yang sesuai dengan kondisi yang anda inginkan.