Banyak peluang karir tersedia bagi anda yang tertarik dalam bidang kredit, mulai dari sebagai Staf atau officer hingga Direktur. Bentuk perusahaannya dapat berupa bank ataupun perusahaan pembiayaan non-bank atau umum disebut sebagai perusahaan leasing.

Pada perusahaan pembiayaan kredit yang telah berkembang, peluang karir dunia kredit antara lain pada Bagian Pemasaran (marketing & sales), Bagian pengelolaan akun / nasabah (collection), Administrasi, HRD & GA, Information & Teknologi, Treasury, Audit, Legal, dan lain-lain. Umumnya perusahaan-perusahaan pembiayaan kredit ini memberikan jenjang karir yang jelas dengan dukungan pengembangan kompetensi berupa training-training yang berjenjang.

Sedangkan bagi anda yang menyukai bidang pemasaran (marketing & sales) tetapi tidak ingin terikat sebagai karyawan, anda dapat bergabung sebagai agen lepas pemasaran. Penghasilan sebagai agen lepas pemasaran ini tidak kalah menantang dibandingkan dengan sebagai karyawan tetap. Ada beberapa perusahaan pembiayaan yang berani memberi anda insentif hingga Rp. 1 Juta untuk setiap satu transaksi yang terjadi. Biasanya nilai ini meningkat seiring dengan meningkatnya nilai transaksi. Untuk menjadi agen lepas pemasaran yang sukses, anda juga harus banyak menguasai program-program pemasaran yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan terkait. Pekerjaan yang dilakukan adalah mereferensikan program-program tersebut kepada siapapun yang anda kenal.