Pertumbuhan Kredit Mobil 2012 Tinggi

Tingginya kebutuhan masyarakat akan produk otomotif turut mengerek pertumbuhan kredit melalui jasa perbankan. Bahkan diprediksi Kredit Kepemilikan Mobil (KPM) melalui perbankan pada tahun 2012 ini tumbuh signifikan dibanding tahun lalu.

PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya, kredit mobil pada tahun ini menargetkan pertumbuhan sebesar 20 persen. Target secara nasional mencapai Rp 3,3 Trilyun. Sementara KPM wilayah Jateng menyumbang 15 persen dari target nasional. Auto Business Manager Jateng PT Bank CIMB Niaga Tbk, Nur Artwienda menuturkan, selain Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Bank CIMB Niaga juga memacu pertumbuhan kredit otomotif.

Pihaknya menilai, wacana pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang akan diterapkan pemerintah untuk kendaraan roda empat pada pertengahan tahun ini dipastikan tidak akan berpengaruh pada jumlah penyaluran kredit mobil miliknya.
“Kredit otomotif masih akan bagus di tahun ini. Pembatasan BBM bersubsidi yang mewajibkan mobil menggunakan pertamax saya rasa tidak akan berpengaruh pada menurunnya jumlah penyaluran kredit,” katanya saat ditemui di PT Bank CIMB Niaga Komplek Ruko Gajah Mada 99 Blok C Semarang, akhir pekan lalu.

Tercatat, aset KPM wilayah Jateng sampai tahun 2011 lalu mencapai Rp 230 Miliar. Sementara aset KPM di kota Semarang sebesar Rp 90 Miliar. Adapun, jumlah penyaluran kredit mobil selama 2011 sebanyak Rp 120 Miliar. Untuk prosentase kredit macet hanya 0,2 persen saja atau masih di bawah ketentuan Bank Indonesia (BI).

Suku bunga yang dikenakan setahun mencapai 4,6 persen dengan jangka waktu satu sampai lima tahun. Minimal plafon kredit untuk satu customer sebesar Rp 50 juta.

Auto Sales Manager PT Bank CIMB Niaga, Andra Kartika Sari menambahkan, permintaan KPM yang paling mendominasi adalah mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV). Mobil keluarga ini menyumbang kontribusi KPM sebesar 50 persen seperti Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Nissan Grand Livina dan lain-lain.

( Fista Novianti / CN26 / JBSM )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>