Perusahaan leasing dengan turn over karyawan pada perusahaan cukup tinggi.

Saya mendapat panggilan kerja dari sebuah perusahaan leasing, tetapi saya mendapat informasi bahwa turn over karyawan pada perusahaan tersebut cukup tinggi, dan saya menjadi ragu-ragu. Mohon pendapatnya, apakah saya dapat berkarir pada perusahaan seperti itu ?

Jawab

Ya, turn over memang perlu menjadi pertimbangan anda. Namun anda juga harus jeli, selain informasi yang anda dapatkan harus dari orang yang ‘kredible’ anda juga harus tahu apa alasan karyawan keluar dari perusahaan itu.

Pengalaman mengatakan bahwa ada sekurangnya 3 hal besar yang dicari seorang karyawan di sebuah perusahaan, ‘benefit’, ‘career’ dan ‘working environment’. Saya dan anda tidak bisa menyangkal bahwa kita sering tertarik dengan sebuah perusahaan karena benefit yang ditawarkan, misalnya gaji, bonus, insentif, kesehatan, pensiun, dll. Tapi banyak orang yang keluar dari perusahaan dengan alasan karirnya mentok, atau tidak ada pengembangan diri ( ini urusan career ) dan bisa juga karena bosnya engga’ enak, lingkungan kerjanya sikut-sikutan, atau sekedar suasana kerja tidak menyenangkan ( yang ini urusan working environment ).

Nah setiap karyawan memiliki nilai yang berbeda untuk semua ini, anda juga. Bisa jadi anda bisa tahan dengan gaji kecil, tidak ada karier asal lingkungan kerja nyaman. Lain orang lain lagi pilihannya.

Sekarang cari tahu apa yang membuat turn over yang tinggi di perusahaan itu, lalu tanyakan pada diri anda, apakah hal itu yang tidak bisa anda tolerir atau hal itu tidak menjadi masalah bagi anda.

Tidak ada perusahaan yang sempurna, yang ada adalah perusahaan yang sesuai untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>