Suku Bunga Dasar Kredit Sentuh 9%

Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) industri perbankan akhirnya menembus level 1 digit, tepatnya 9%. SBDK rata-rata ini merupakan suku bunga dasar yang tercatat pada Januari 2011.

“Suku bunga dasar kredit in average sekitar 9%,” ungkap Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia (BI) Wimboh Santoso ketika ditemui di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (3/2/2012).

Dikatakan Wimboh, komitmen bank untuk penurunan suku bunga kredit sudah terjadi sejak Agustus 2011. Namun Wimboh mencermati untuk kredit ritel masih cukup tinggi rata-ratanya.

“Mulai Juli-Agustus 2011 trennya mulai stabil suku bunganya. Karena April sampai Juli kan masih proses sosialisasi. Kalau SBDK-nya sebenarnya sudah single digit. Hanya saja variasinya satu bank dengan bank lain berbeda. Untuk kredit ritel itu, kenapa lebih tinggi karena biasanya ritel ini membutuhkan cost yang lebih tinggi karena membutuhkan tenaga kerja yang banyak,” tutupnya.

Ia menambahkan, dengan adanya penurunan bunga kredit ini maka diharapkan mampu menopang dan memicu pertumbuhan kredit lebih besar.

Herdaru Purnomo - detikFinance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>